Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

Perlu Bantuan, Saran Kritik dan Pasang Iklan? klik DISINI

Saturday, October 30, 2010

Tantangan Global Terhadap Eksistensi Jati Diri bangsa




Globalisasi  adalah suatu sistem atau  tatanan yang menyebabkan seseorang atau negara tidak mungkin untuk mengisolasikan diri sebagai akibat dari kemajuan teknologi dan komunikasi. Atau globalisasi adalah proses terbentuknya sebuah sistem organisasi dan sistem komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem kaidah yang sama.
Menurut Michael Haralambos dan Martin Holborn, globalisasi adalah suatu proses yang di dalamnya batas-batas negara luluh dan tidak penting lagi dalam kehidupan  sosial. Dengan era globalisasi, maka peristiwa-peristiwa yang terjadi di suatu negara akan dapat diketahui dengan cepat oleh bangsa lain. Dampak positif dari globalisasi antara lain cepat masuknya budaya asing yang memperkaya budaya Indonesia. Hal ini dapat merubah pola pikir dari tradisional menjadi pola pikir rasional. Akhirnya, orang mau menerima kritik demi kemajuan bangsanya.
Dalam masyarakat tradisional, misalnya masyarakat tradisional Jawa dikenal dengan budaya “alon-alon waton kelakon”, artinya biar lambat asal selamat, takkan lari gunung dikejar. Filsafat ini berdampak pada ketidaksiplinannya waktu dalam setiap aktivitas. Hal ini menyebabkan berbagai program kegiatan menjadi terlambat bahkan sering pula gagal. Dengan globalisasi kita mengenal sitilah “time is money”, dsb.  Di samping globalisasi memiliki dampak positif, namun juga globalisasi dapat menghadirkan atau mendatangkan suatu tantangan baru bagi bangsa Indonesia.


Buku terkait : Titian Sukses IPS MGMP Kab. Subang 9A

Anda sedang membaca artikel tentang Tantangan Global Terhadap Eksistensi Jati Diri bangsa dan anda bisa menemukan artikel Tantangan Global Terhadap Eksistensi Jati Diri bangsa ini dengan url http://brenkswap.blogspot.com/2010/10/tantangan-global-terhadap-eksistensi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tantangan Global Terhadap Eksistensi Jati Diri bangsa ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tantangan Global Terhadap Eksistensi Jati Diri bangsa sebagai sumbernya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini / di LINK Contact Us. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini .
Ingat No-Sara dan No-Rasis ya Sobat!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Traffic

TRAFFIC

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

Free SEO Tools

free counters ASR Search Engine
 

About Me

My photo
Nama Lengkap saya : Bagus Subagiyono. Staus masih pelajar. Hobi : Mainin Photosop, Corel Draw, Ilustrasi Lahir di : Subang, 28 Agustus 1996 Lihat Profil Lengkap saya : http://about.me/bsubagiyono Twitter saya : @ganbagus Facebook : Bagus Subagiyono

Followers

Ikuti Via Email

Kirim update terbaru dari Blog GanBagus langsung ke Email anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

HEAD LINE NEWS BY GANBAGUS | Terima Kasih Atas Kunjungannya | Silahkan Surfing di Blog ini | Semoga Bermanfaat | Jangan Lupa Komentarnya| Untuk INFO Selengkapnya Klik DISINI